Transmisi otomatis (AT) adalah kopling dan transmisi yang bekerja secara otomatis dan terdiri dari 3 bagian utama yaitu Torque converter, Planetary gear unit, Hydraulic control unit. Transmisi otomatis pada kendaraan tipo FR dan tipe FF bentuk luarnya tidak sama tetapi pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama.
Baca juga: Minyak Pelumas Transmisi Otomatis
Torque converter berfungsi sebagai kopling otomatis. Disamping itu juga berfungsi untuk memperbesar momen mesin. Torque converter terdiri dari pump impeller, turbine runner dan stator. Stator terletak diantara impeller dan turbine. Torque converter diisi dengan ATF (Automatic Transmision Fluid) dan momen mesin dipindahkan dengan adanya aliran fluida.
Perpindahan momen mobil dimulai dari mesin (crankshaft), lalau dilanjutkan ke pompa impeller, turbin runner, dan transmisi.
Roda gigi planetary (planetary gear) menerima tenaga gerak dari turbin runner di dalam torque converter dan berfungsi sebagai pembantu transmisi. Roda gigi planetary terdiri dari tiga roda gigi (ring gear, pinion gear dan sun gear) dan planetary carrier. Roda-roda gigi input, output dan stasionary dibuat untuk memindahkan dan membalikkan momen mesin. Umumnya dua pasang roda gigi planetary digunakan untuk tipe kendaraan dengan transmisi otomatis tiga kecepatan dan tiga pasang roda gigi planetary digunakan pada tipe kendaraan transmisi otomatis dengan empat kecepatan.
Minyak transmisi otomatis (automatic transmission fluid) bermacam-macam dalam viskositasnya dan koefisien geseknya. Hal ini sangat penting karena hanya produk tertentu yang digunakan pada setiap kendaraan. Penggunaan ATF yang salah tidak hanya dapat menurunkan tenaga, tapi juga dapat menyebabkan bunyi dan problem lainnya. Biia memeriksa jumlah minyak, catat batas perubahan sesuai temperatur minyak dan kondisi lainnya. Periksa banyaknya minyak pada kondisi spesifikasi.
Itulah penjelasan transmisi otomatis pada mobil. Memang secara garis besar hanya terdiri dari tiga unit namun bagian bagian tersebut adalah bagian terpenting dari transmisi mobil.
Baca juga: Minyak Pelumas Transmisi Otomatis
1. Torque Converter
Torque converter berfungsi sebagai kopling otomatis. Disamping itu juga berfungsi untuk memperbesar momen mesin. Torque converter terdiri dari pump impeller, turbine runner dan stator. Stator terletak diantara impeller dan turbine. Torque converter diisi dengan ATF (Automatic Transmision Fluid) dan momen mesin dipindahkan dengan adanya aliran fluida.
Perpindahan momen mobil dimulai dari mesin (crankshaft), lalau dilanjutkan ke pompa impeller, turbin runner, dan transmisi.
2. Roda Gigi Planetary
Roda gigi planetary (planetary gear) menerima tenaga gerak dari turbin runner di dalam torque converter dan berfungsi sebagai pembantu transmisi. Roda gigi planetary terdiri dari tiga roda gigi (ring gear, pinion gear dan sun gear) dan planetary carrier. Roda-roda gigi input, output dan stasionary dibuat untuk memindahkan dan membalikkan momen mesin. Umumnya dua pasang roda gigi planetary digunakan untuk tipe kendaraan dengan transmisi otomatis tiga kecepatan dan tiga pasang roda gigi planetary digunakan pada tipe kendaraan transmisi otomatis dengan empat kecepatan.
3. Sistem Pengontrol Hidraulis
Sistem pengontrol hidrauiis (hydraulic control system) direncanakan untuk memindahkan secara otomatis dan menghubungkan roda-roda gigi input, output dan stationary dari roda gigi planetary dan planetary carrier sesuai dengan kondisi jaiannya kendaraan (kecepatan kendaraan, membukanya throttle, beban dan Iain-Iain).Minyak transmisi otomatis (automatic transmission fluid) bermacam-macam dalam viskositasnya dan koefisien geseknya. Hal ini sangat penting karena hanya produk tertentu yang digunakan pada setiap kendaraan. Penggunaan ATF yang salah tidak hanya dapat menurunkan tenaga, tapi juga dapat menyebabkan bunyi dan problem lainnya. Biia memeriksa jumlah minyak, catat batas perubahan sesuai temperatur minyak dan kondisi lainnya. Periksa banyaknya minyak pada kondisi spesifikasi.
Itulah penjelasan transmisi otomatis pada mobil. Memang secara garis besar hanya terdiri dari tiga unit namun bagian bagian tersebut adalah bagian terpenting dari transmisi mobil.
Komentar
Posting Komentar