Secara garis besar, pada mesin diesel terdapat 4 kelengkapan komponen mesin diesel yaitu Blok Silinder atau Cylinder Block, Kepala Silinder atau Cylinder Head, Piston atau Torak, dan Timing Gear atau Timing Belt.
Berikut penjelasan lengkap tentang kelengkapan mesin diesel.
Cylinder block dibuat dari besi tuang biasa atau nasi tuang khusus, bentuknya menyerupai cylinder block mesin bensin akan tetapi kekuatannya lebih besar dan tahan terhadap temperatur, tekanan dan getarannya lebih tinggi dan akibatnya menjadi lebih berat.
Piston meluncur di dalam cylinder liner, dimana mungkin berjenis basah, yaitu air pendingin langsung melewati bagian belakang liner, atau cylinder liner jenis kering. Dewasa ini block dibuat dari paduan khusus yang tahan terhadap keausan karena gesekan dan oleh karena itu liner tidak lagi dibutuhkan. Dalam hal seperti ini, cylinder bore dapat dibuat lebih kecil untuk mengurangi ukuran dan berat mesin.
Karena perbandingan kompresinya lebih tinggi, bagian ruang bakar yang terdapat pada kepala silinder lebih kecil dari pada mesin bensin. Sama dengan yang lain, cylinder head ini juga harus lebih berat dan lebih tahan terhadap tekanan pembakaran yang tinggi dan tahan terhadap getaran.
Untuk memastikan hubungan yang sempurna antara kepala silinder dan blok silinder, mesin diesel menggunakan baut yang lebih banyak dari pada mesin bensin.
Pada mesin jenis kamar pusar (swirl chamber) cylinder head-nya mempunyai kamar pusar yang terletak pada bagian atas ruang bakar masing masing silinder. Kamar pusar ini mempunyai injection nozzle yang menyemprotkan bahan bakar kedalam silinder, dan glow plug yang bekerja sebagai pemanas listrik untuk mempermudah hidupnya mesin dalam cuaca dingin.
Pada sebagian piston, pada kepalanya diberi dam panas dan pada sebagian piston lainnya, kepala piston dan kepala ring slot yang pertama dibuat dari FHM (Fiber-Reinforced Metal) yang merupakan paduan khusus terbuat dari alumunium dan ceramic fiber,. Kedua cara diatas bertujuan untuk mencegah perubahan bentuk piston ring karena konsentrasi panas pada piston ring pertama.
Pada sebagian mesin diesel, crankshaft timing gear memutar camshaft timing gear secara langsung. Crankshaft timing gear memindahkan tenaganya ke drive gear pompa injeksi melalui idle gear. Timing gear mempunyai timing mark (tanda) agar pemasangannya dapat dilakukan dengan tepat, dengan mengikuti tanda yang ada. Timing gear dibuat dari baja carbon atau baja khusus lainnya dengan pengerasan pada permukaannya setelah machining. Roda-roda giginya dibuat dengan bentuk helical gear teeth dan bersinggungan secara halus sehingga suaranya rendah.
Timing belt terbuat dari karet tahan panas dengan inti yang kuat dan tidak elastis. Gigi-giginya dilapisi dengan kanvas tahan gesekan. Kekerasan timing belt disetel dengan timing belt idler Non, dan kekerasan awalnya ditentukan oleh kekuatan tension spring.
Timing belt dibuktikan dapat bertahan sampai jarak tempuh 100.000 km atau lebih (60.000 mil atau lebih). Sebagian kendaraan dilengkapi dengan indikator yang akan menyala setelah jarak tersebut untuk memperingatkan pengemudi bahwa sudah saatnya penggantian timing belt.
Itulah komponen kelengkapan mesin diesel secara garis besar. Kelengkapan mesin tersebut bersatu padu untuk menghasilkan suatu mesin diesel yang sempurna.
Berikut penjelasan lengkap tentang kelengkapan mesin diesel.
Blok Silinder atau Cylinder Block
Cylinder block dibuat dari besi tuang biasa atau nasi tuang khusus, bentuknya menyerupai cylinder block mesin bensin akan tetapi kekuatannya lebih besar dan tahan terhadap temperatur, tekanan dan getarannya lebih tinggi dan akibatnya menjadi lebih berat.
Piston meluncur di dalam cylinder liner, dimana mungkin berjenis basah, yaitu air pendingin langsung melewati bagian belakang liner, atau cylinder liner jenis kering. Dewasa ini block dibuat dari paduan khusus yang tahan terhadap keausan karena gesekan dan oleh karena itu liner tidak lagi dibutuhkan. Dalam hal seperti ini, cylinder bore dapat dibuat lebih kecil untuk mengurangi ukuran dan berat mesin.
Kepala Silinder atau Cylinder Head
Karena perbandingan kompresinya lebih tinggi, bagian ruang bakar yang terdapat pada kepala silinder lebih kecil dari pada mesin bensin. Sama dengan yang lain, cylinder head ini juga harus lebih berat dan lebih tahan terhadap tekanan pembakaran yang tinggi dan tahan terhadap getaran.
Untuk memastikan hubungan yang sempurna antara kepala silinder dan blok silinder, mesin diesel menggunakan baut yang lebih banyak dari pada mesin bensin.
Pada mesin jenis kamar pusar (swirl chamber) cylinder head-nya mempunyai kamar pusar yang terletak pada bagian atas ruang bakar masing masing silinder. Kamar pusar ini mempunyai injection nozzle yang menyemprotkan bahan bakar kedalam silinder, dan glow plug yang bekerja sebagai pemanas listrik untuk mempermudah hidupnya mesin dalam cuaca dingin.
Piston atau Torak
Piston mesin diesel dibuat tahan terhadap panas dan tekanan yang lebih tinggi dari pada piston mesin bensin. Clearancenya dengan kepala silinder lebih kecil disebabkan oleh perbandingan kompresi yang tinggi, bagian atas piston dibuat potongan untuk mencegah benturan piston dengan katup. Pada tipe injeksi langsung (direct injection), potongan ini juga berfungsi sebagai ruang bakar. Dalam hal ini, pada ruang bakar kamar depan ini membangkitkan arus pusar pada gas yang bersuhu tinggi yang keluar dari kamar depan sehingga bahan bakar akan bercampur lebih cepat dan terbakar lebih sempurna.Pada sebagian piston, pada kepalanya diberi dam panas dan pada sebagian piston lainnya, kepala piston dan kepala ring slot yang pertama dibuat dari FHM (Fiber-Reinforced Metal) yang merupakan paduan khusus terbuat dari alumunium dan ceramic fiber,. Kedua cara diatas bertujuan untuk mencegah perubahan bentuk piston ring karena konsentrasi panas pada piston ring pertama.
Timing Gear atau Timing Belt
Timing gear set atau belt yang ada pada bagian depan cylinder block menggerakkan pompa injeksi dan camshaft. Timing gear lebih banyak digunakan pada mesin diesel tetapi kadang-kadang menggunakan juga timing belt.Tipe Timing Gear
Pada sebagian mesin diesel, crankshaft timing gear memutar camshaft timing gear secara langsung. Crankshaft timing gear memindahkan tenaganya ke drive gear pompa injeksi melalui idle gear. Timing gear mempunyai timing mark (tanda) agar pemasangannya dapat dilakukan dengan tepat, dengan mengikuti tanda yang ada. Timing gear dibuat dari baja carbon atau baja khusus lainnya dengan pengerasan pada permukaannya setelah machining. Roda-roda giginya dibuat dengan bentuk helical gear teeth dan bersinggungan secara halus sehingga suaranya rendah.
Tipe Timing Belt
Timing belt terbuat dari karet tahan panas dengan inti yang kuat dan tidak elastis. Gigi-giginya dilapisi dengan kanvas tahan gesekan. Kekerasan timing belt disetel dengan timing belt idler Non, dan kekerasan awalnya ditentukan oleh kekuatan tension spring.
Timing belt dibuktikan dapat bertahan sampai jarak tempuh 100.000 km atau lebih (60.000 mil atau lebih). Sebagian kendaraan dilengkapi dengan indikator yang akan menyala setelah jarak tersebut untuk memperingatkan pengemudi bahwa sudah saatnya penggantian timing belt.
Itulah komponen kelengkapan mesin diesel secara garis besar. Kelengkapan mesin tersebut bersatu padu untuk menghasilkan suatu mesin diesel yang sempurna.
Komentar
Posting Komentar