Langsung ke konten utama

21 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning - Sesungguhnya waktu kecil, manusia mempunyai gigi yang berwarna putih tetapi makin lama makin kita tumbuh, warna gigi dapat beralih karena banyak hal. seperti makanan, minum kopi, merokok, dan lain lain.

Warna gigi yang tampak putih dengan cara biologi adalah warna dari susunan transparan enamel gigi, warna susunan dentin di dalamnya dan warna dari susunan yang ada diantara enamel serta dentin.

Penyebab Gigi Kuning

Riset menunjukkan kalau warna gigi dapat beralih menjadi kuning karena oleh noda yang dapat datang dari luar ataupun dari dalam. Di bawah ini yaitu aspek yang mengakibatkan gigi menguning baik ekstrinsik (aspek luar) ataupun intrinsik (aspek dalam) :

 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami

Aspek ekstrinsik

Aspek luar yang mengakibatkan gigi menjadi kuning salah satunya yaitu makanan, rokok, minum kopi serta alkohol. Makanan yang sangat panas atau dingin dapat mengakibatkan kerusakan warna alami gigi sama seperti dengan kopi, coklat, teh serta makanan yang lain.

Tembakau yang terdapat dalam rokok dapat juga jadi satu diantara penyebabnya berubahnya warna gigi. Sesungguhnya pergantian warna pada gigi yang dikarenakan oleh makanan dapat dijauhi dengan bersihkan gigi atau menyikat gigi sesudah makan.

Aspek instrinsik

Tidak hanya aspek yang datang dari luar, pergantian warna gigi dapat juga dikarenakan oleh aspek yang datang dari dalam, misalnya yaitu sebagian type obat-obatan spesifik.

Dengan berjalannya waktu, gigi dapat membuat material atau senyawa di antara susunan enamel serta dentin serta makin lama senyawa itu dapat terakumulasi dalam gigi serta mengakibatkan gigi jadi kuning.

Pergantian warna gigi yang dikarenakan oleh aspek intrinsik lebih susah di hilangkan dari pada yang dikarenakan oleh aspek luar.

Panduan menghindar gigi jadi kuning

Seperti yang kita ketahui bahwa gigi yang kuning bisa memengaruhi tampilan kita serta kadang-kadang bikin kita tak percaya diri. Untuk melindungi supaya gigi tetaplah putih serta bersih, kerjakan beberapa hal di bawah ini :

1. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Menyikat gigi Secara rutin

 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami


Malas menggosok-gosok gigi yaitu satu diantara aspek ekstrinsik penyebabnya gigi jadi kuning. Bila anda menginginkan mempunyai gigi yang sehat, putih serta bercahaya jadi rajin-rajinlah menggosok-gosok gigi minimum 2 x dalam sehari sesudah makan dansebelumnya tidur.

Menggosok-gosok gigi bukan sekedar bersihkan mulut dari bakteri serta bekas makanan, namun dapat juga menolong kembalikan warna alami gigi. Sekarang ini banyak product pasta gigi yang memiliki kandungan pemutih di market, kita tinggal pilih mana pasta gigi yang pas serta bisa kita pakai sehari-hari.

Diluar itu pastikan sikat gigi yang sesuai dengan gigi anda, upayakan tidak untuk pilih sikat gigi dengan bulu yang sangat keras lantaran dapat melukai gusi.

2. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Memakai Sedotan

Siapa kira sedotan dapat dipakai untuk menghindar gigi jadi kuning serta membuat perlindungan gigi kita dari warna serta suhu minuman. Pakai sedotan waktu meminum kopi, teh atau minuman lain yang dapat punya pengaruh pada warna gigi.

Hal semacam ini dapat menghindar paparan langsung zat yang ada pada minuman dengan enamel pada gigi. Zat warna yang ada pada kopi serta teh dapat mengendap pada gigi serta lama kelamaan menyebabkan noda pada enamael gigi. Noda ini bakal bikin gigi jadi kuning bila selalu dilewatkan.

3. Jauhi Merokok Serta Mengkonsumsi Alkohol

Rokok datang dari tanaman tembakau yang memiliki kandungan nikotin. Zat nikotin dalam rokok dapat melekat pada susunan enamel gigi serta lama kelamaan menyebabkan noda pada susunan enamel. Noda yang melekat pada gigi bakal terakumulasi serta menutupi warna alami gigi hingga bikin warna gigi jadi kuning.

Sama seperti dengan rokok, minuman berakohol seperti bir atau anggur dapat mengakibatkan gigi jadi kuning serta susah untuk di hilangkan. Bila anda tidak mau mempunyai gigi kuning, jadi seharusnya hentikan rutinitas merokok serta meminum alkohol dari mulai saat ini.

Diluar itu, hentikan rutinitas merokok serta minum alkohol bukan sekedar akan membuat gigi sehat namun juga menghindari anda dari beragam jenis penyakit termasuk juga kanker serta serangan jantung.

Berikut Beberapa Bahan yang dapat Digunakan Untuk Memutihkan Gigi

1. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Siwak

Istilah siwak yang kita kenal untuk bersihkan gigi sesungguhnya yaitu dahan atau sisi dari pohon siwak tersebut. Siwak sudah lama dipakai sebagai bahan alami untuk melindungi kebersihan serta warna putih alami gigi.

Riset arkeologis juga temukan kalau siwak sudah dipakai mulai sejak zaman peradaban Mesir kuno. Bukan hanya itu, umat islam pastinya mengetahui dengan baik kalau nabi Muhammad SAW senantiasa bersihkan giginya dengan memakai siwak.
Di bawah ini yaitu langkah memakai siwak untuk bersihkan serta menyingkirkan noda pada gigi :
Pakai siwak yang mempunyai struktur lembut, siwak ini dapat diperoleh dari sisi batang atau akar tanaman siwak
Haluskan siwak itu hingga jadi bubuk
Campur bubuk siwak dengan sedikit air lantas berikan pasta itu pada gigi
Bersihkan atau berkumurlah sesudah lima menit
Perawatan ini dapat dikerjakan 2 x dalam satu minggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

2. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Meminum Susu


Konsumsi product susu terlebih susu plain atau susu steril tanpa ada penambahan rasa serta pewarna dapat menolong melindungi gigi tetaplah putih dan menghindar gigi jadi kuning. Warna alami susu yang putih serta kalsium yang terdapat didalamnya bukan sekedar bikin gigi kita jadi kuat serta sehat tetapi membuatnya jadi putih.

Zat warna dalam susu dapat menyingkirkan noda yang melekat pada enamel gigi serta kembalikan warna alami gigi. Pastikan product susu murni tanpa ada penambahan gula atau zat adiktif yang lain serta makanlah minimum 2 x dalam satu hari.

Meminum susu hangat atau dingin memanglah nikmat namun butuh diingat juga kalau suhu minuman dapat memengaruhi warna serta mengakibatkan kerusakan susunan enamel pada gigi. Oleh karena itu, baiknya makanlah susu dalam kondisi tidaklah terlalu panas serta tidaklah terlalu dingin.

3. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Strawberry

Bukan sekedar enak dikonsumsi, strawberry memiliki kandungan vitamin C serta asam ellagic yang bisa menolong memutihkan gigi. Sebagian seleb hollywood seperti Catherine Zeta-Jones serta Tyra Banks bahkan juga punya kebiasaan memakai strawberry sebagai bahan pemutih gigi.

Dampak pemutih yang diakibatkan oleh strawberry dapat diperoleh kurun waktu yang singkat bahkan juga cuma dengan mengunyahnya saja. Di bawah ini langkah memakai strawberry untuk memutihkan gigi :

Strawberry dapat segera digosok-gosokkan pada gigi serta diamkan sepanjang sebagian menit. Lalu berkumurlah dengan air hangat
Atau haluskan satu strawberry serta campur dengan satu sendok teh baking soda
Berikan pasta strawberry pada gigi serta biarlah sepanjang dua menit. Lalu basuh dengan air hangat
Kerjakan perawatan ini 2 x dalam seminggu.

4. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Memakai Kulit Pisang

Kulit pisang dapat juga dipakai untuk memutihkan gigi yang kuning, Anda dapat mengupas pisang lalu mengambil kulitnya. Pakai kulit pisang, lalu gosok-gosokan selama dua hingga lima menit pada gigi. Lantas diamkan sebagian menit lalu bersihkan gigi Anda dengan menggosok-gosok gigi. Anda dapat lakukan langkah tersebut satu sampai dua minggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

5. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Biji Buah Pinang

 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami


Nyatanya manfaat buah pinang untuk kesehatan begitu komplit, termasuk juga satu diantaranya bisa melindungi kesehatan gigi serta mulut. Biji buah pinang begitu bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning dengan cara alami. Bahkan juga dengan penggunaan dengan cara teratur biji buah pinang juga bermanfaat memperkuat gigi.

Langkah memutihkan gigi dengan biji buah pinang bakar biji buah pinang hingga hangus. Setelah itu haluskan hingga lembut serta campur dengan air hangat. Gosokkan ke sisi gigi dengan kain katun. Lalu berkumurlah dengan air hangat hingga bersih.

6. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Memakai Daun Salam

Daun salam dapat dipakai sebagai pemutih gigi. Langkah pemakaiannya juga sangat gampang yaitu dengan melembutkan daun salam sampai halus. Lalu Anda dapat mencampurkan kulit jeruk yang telah kering serta sudah dihaluskan. Pakai sedikit air lantas campur sampai jadi pasta, lantas Anda dapat memakainya sebagai putih gigi.

7. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Memakai Buah serta Sayuran

Buah serta Sayuran salah satunya apel, wortel serta seledri dapat menolong dalam memutihkan gigi Anda. Buah serta sayuran ini mempunyai manfaat yang baik untuk bersihkan gigi tanpa ada mengakibatkan kerusakan sisi enamel gigi Anda.

8. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Memakai Minyak Mustard serta Garam untuk Gosok Gigi

 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami


Anda dapat juga memakai minyak mustard serta garam yang dipakai sekali dalam satu bulan. Menggosok-gosok gigi dengan memakai minyak mustard serta garam diakui dapat menolong dalam bersihkan warna makanan serta plak yang melekat pada gigi Anda. Pakai jari-jari Anda untuk menggosok-gosok gigi dengan bahan ini atau Anda dapat juga memakai kapas untuk bersihkan gigi Anda itu.

9. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Perbanyak Minum Air Putih

Air putih yaitu salah satu bahan alami yang tidak hanya baik untuk dikonsumsi dapat juga berperan untuk bersihkan gigi. Walau demikian, hal semacam ini bukanlah bermakna Anda tak bisa konsumsi minuman yang berwarna. Minuman berwarna bisa saja untuk dikonsumsi tetapi minuman yang memiliki kandungan pewarna dapat bikin gigi jadi kusam serta kotor. Jika Anda sukai konsumsi minuman yang mempunyai pewarna, baiknya Anda selingi dengan minum air putih supaya gigi tetaplah bersih.

10.  Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Pakai Obat Kumur

Supaya gigi terus tampak putih serta bersih, teraturlah untuk memakai obat kumur. Diluar itu, obat kumur bikin nafas jadi lebih fresh. Tetapi, pastikan obat kumur yg tidak berwarna lantaran obat kumur yang memikiki warna makin lama bakal jadikan warna gigi jadi gelap.

11. Memutihkan Gigi Memakai Apel

Sebagian buah-buahan serta sayuran renyah seumpama apel, brokoli, serta wortel dapat dipakai sebagai pembersih gigi serta gusi. Walau demikian, nyatanya kandungan serat serta anti-oksidan dalam apel dapat membunuh bakteri serta dapat juga mencegah bau mulut, faedah yang lain yakni dapat memutihkan gigi. Supaya kebersihan mulut serta gigi bisa terbangun Anda dapat konsumsi apel sehari-harinya.

12. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Minyak kelapa

Siapa kira kalau minyak kelapa nyatanya bisa dipakai untuk menghindar plak sekalian membuat gigi anda yang awalnya kuning jadi lebih putih serta bersih.

Minyak kelapa adalah minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa serta mempunyai type lemak yang disebut cukup unik serta kaya faedahnya, lantaran keseluruhnya dari lemak itu terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).

Sediakan satu sendok makan minyak kelapa. Berikan minyak kelapa ke gigi anda dengan cara rata serta diamkan kira kira 10-15 menit, Ludahkan minyak kelapa tadi serta kumur mulut anda dengan air bersih. Terakhir sikat gigi anda seperti biasa.

13. Pakai hidrogen peroxida
Hidrogen peroksida yaitu satu diantara bahan kimia yang bisa dipakai untuk memutihkan gigi. Senyawa hidrogen peroksida umumnya dipakai sebagai product pemutih pada makanan serta dalam konsentrasi khusus dapat menolong memudarkan noda pada gigi.

Hidrogen peroksida banyak di jual di apotik serta toko bahan kimia. Bila anda menginginkan memakai hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi, baiknya tentukan product hidrogen peroksida yang mempunyai label food grade atau aman untuk dikonsumsi.

Larutkan seujung sendok hidrogen peroksida pada satu gelas air
Pakai larutan itu untuk berkumur
Tidak hanya dipakai untuk berkumur, hidrogen peroksida dapat juga dipakai untuk bikin pasta gigi alami dengan mencampurkannya dengan baking soda.

Ingatlah selalu untuk waspada waktu memakai hidrogen peroksida untuk berkumur atau menyikat gigi. Pemakaian yang terlalu berlebih malah bakal mengakibatkan kerusakan gigi anda. Dianjurkan untuk memakainya sebulan sekali.

14. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Garam serta lemon

Garam serta lemon mungkin saja kombinasi ampuh untuk menyingkirkan warna kuning pada gigi. Garam adalah eksfoliator atau pengelupas alami yang dapat dipakai untuk mengikis noda pada gigi, sesaat lemon memiliki kandungan asam yang dapat menolong melunturkan noda pada susunan enamel.

Di bawah ini beberapa langkah yang butuh anda kerjakan untuk memutihkan gigi memakai garam serta lemon :

Campur satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon, Gosokkan kombinasi itu pada gigi serta diamkan beberapa menit. Basuh atau berkumurlah dengan air hangat.

Tidak hanya memakai langkah di atas, anda dapat juga memakai kulit lemon untuk menggosok-gosok gigi dengan menerapkannya segera pada gigi serta biarlah selama beberapa menit, lalu kumur dengan air bersih. Kerjakan perawatan ini 2 x dalam seminggu

15. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Baking Soda

Baking soda adalah satu diantara bahan alami yang popular serta kerap dipakai untuk memutihkan gigi. Baking soda yaitu serbuk halus berwarna putih yang umum dipakai sebagai pengembang makanan seperti kue serta makanan yang lain.

Akan tetapi, pemakaian baking soda terlalu berlebih malah bisa mengakibatkan kerusakan gigi anda. Oleh karena itu, pakai baking soda minimum satu atau dua bln. sekali.

Buat pasta baking soda dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok air
Poleskan pasta itu pada gigi serta biarkanlah selama tiga menit
Basuh serta berkumurlah dengan air hangat

16. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Kulit Jeruk


Kulit jeruk mungkin saja dikira sebagai sampah untuk umumnya orang serta kerapkali tak digunakan walau banyak mempunyai faedah.

Tidak hanya bermanfaat untuk menyingkirkan jerawat, kulit jeruk yang memiliki kandungan vitamin C dapat dipakai untuk memutihkan gigi. Di bawah ini langkah memakai kulit jeruk sebagai pemutih alami gigi :

Buat pasta dari bubuk kulit jeruk yang dikeringkan lalu diblender hingga halus. Campur bubuk kulit jeruk itu dengan air seperlunya. Berikan pasta kulit jeruk itu pada gigi serta diamkan selama kira-kira tiga menit. Basuh atau berkumurlah dengan air hangat. Kerjakan perawatan ini 2 x dalam satu minggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

17. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Baking soda serta juice lemon

Bahan yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Baking soda diakui ampuh tangani noda kuning pada permukaan gigi. Baking soda serta juice lemon adalah gabungan yang cukup bagus untuk menangani gigi kuning sekalian membuatnya lebih putih mengkilau.

Pemakaian baking soda sebagai pemutih gigi dapat dipadukan dengan bahan yang lain seperti hidrogen peroksida serta strawberry. Serbuk baking soda dapat mengikis warna kuning pada susunan enamel gigi serta membuatnya kembali putih. Di bawah ini langkah memakai baking soda sebagai bahan pemutih gigi :

Tuang 2 sendok teh baking soda, Berikan sedikit juice lemon. Aduk sampai tercampur rata sampai mirip pasta. Tempatkan pada sikat gigi, lantas gosok gigi anda dengan cara merata. Terakhir kumur dengan air bersih.

18. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel atau yang di kenal sebagai apple vinegar yaitu cuka yang terbuat dari sari buah apel yang difermentasi. Sebagian riset sudah menunjukkan kalau cuka sari apel bisa menyingkirkan noda pada gigi terlebih yang dikarenakan oleh cafein dari teh atau kopi dan nikotin yang terdapat dalam rokok.

Berkumur dengan memakai cuka sari apel juga dapat membunuh bakteri dalam mulut yang bisa meneybabkan karies pada gigi. Di bawah ini yaitu langkah memutihkan gigi dengan memakai cuka sari apel :

Larutkan dua sendok cuka sari apel pada 1/2 gelas air mineral. Berkumurlah dengan larutan itu sepanjang lebih kurang satu menit. Untuk menetralisir keadaan mulut sesudah berkumur dengan cuka sari apel, baiknya gosoklahlah gigi dengan memakai pasta gigi yang umum anda pakai. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur 2 x dalam seminggu.

19. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Mengunyah Sayuran Mentah

Menguyah sayuran mentah seperi wortel serta tomat dapat menolong memutihkan gigi. Wortel serta tomat memiliki kandungan vitamin serta zat yang dapat menyingkirkan noda pada gigi.

Cukup hanya mengunyahnya sepanjang sebagian menit satu hari sekali anda dapat memperoleh gigi yang putih walau dampak yang diakibatkan tidaklah secepat bahan pemutih alami yang lain.

20. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Apel

Kunyah apel dengan cara teratur nyatanya bisa memperkuat gusi gigi anda sekalian memutihkannya. Kandungan dari apel juga dapat dibuktikan ampuh tingkatkan produksi air liur yang bertindak utama membunuh bakteri yang mengakibatkan bau mulut serta rusaknya pada gigi.

Diluar itu, senyawa asam serta serat pada apel juga turut andil dalam menyingkirkan plak serta noda kuning pada gigi.

21. Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Arang Kayu

 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami


Tak beberapa orang yang tahu kalau arang dapat memutihkan gigi dengan cepat. Hal semacam ini memanglah terdengar tak lumrah lantaran arang pastinya berwarna hitam serta mungkin saja kita bingung bagaimana arang dapat bersihkan serta menyingkirkan noda pada gigi yang berwarna kuning.

Arang memiliki kandungan senyawa aktif karbon yang dapat mengikis noda pada enamel gigi dengan cepat. Tetapi butuh di perhatikan kalau arang tidak bisa dipakai sebagai bahan perawatan gigi dengan cara teratur. Di bawah ini langkah memutihkan gigi memakai arang :

Tumbuklah arang kayu sampai jadi bubuk, Campur bubuk arang dengan sedikit air serta berikan pasta itu pada gigi sepanjang sebagian menit. Kumur dengan memakai air hangat serta lihatlah perubahannya
Ingatlah untuk cuma memakai arang maksimal 2 x dalam satu bulan saja lantaran arang dapat mengakibatkan kerusakan susunan pelindung gigi serta menyebabkan gigi jadi sensitif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Zat Anti Beku untuk Radiator

Saat kendaraan dian dengan mesin mati di musim dingin dalam waktu yang lama, cairan pendingin dalam radiator dan blok mesin dapat membeku. Apabila ini terjadi, maka volume pendingin akan bertambah sekitar 9% dan radiator mungkin retak, juga kerusakan yang serius akan terjadi pada blok silinder dan kepala silinder. Umumnya zat anti beku ditambahkan pada pendingin untuk mencegah terjadinya pembekuan pada saat musim dingin. Sejumlah zat anti beku diperlukan saat temperatur rendah sekali. Sifat Utama Zat Anti Beku Zat anti beku mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: Mempunyai titik beku di bawah air pendingin. Mencegah karat pada sistem pendingin mesin. Tidak berefek pada kemampuan radiasi panas pada pendingin. Tidak merusak komponen yang terbuat dari karet. Kekentalannya tetap efektif tanpa terpengaruh pada temperatur. Reaksi kimianya stabil. Tidak mudah berbusa. Tidak mudah menguap Kandungan utama zat anti beku (antitfeeze) terdiri dari ethylene glycal. Tipe A zat anti beku mengandung 90

Sistem Suspensi Belakang Tipe Pegas Daun Paralel

Berbeda dengan Sistem Suspensi Depan , Pada umumnya suspensi belakang menerima berat yang berlebihan dari penumpang dan barang. Keadaan ini menimbulkan kesukaran dalam menentukan kekerasan pegasnya. Apabila pegas dibuat cukup keras untuk beban berat, akan menjadi terlalu keras bila kendaraan hanya dinaiki pengemudi. Sebaliknya, bila dibuat cukup lembut untuk dinaiki pengemudi, pegas menjadi terlalu lemah sewaktu mendapat beban berat, demikian pula keadaannya dengan shock absorber. Keadaan ini dapat diatasi dengan menggunakan pegas daun atau tipe pegas lain yang mempunyai konstanta yang variabel, shock absorber yang diisi gas, dan lain-lain. Suspensi belakang dirancang agar axle selalu pada posisi yang benar, dan bila melalui jalan yang tidak rata roda-roda melambung tanpa mempengaruhi kestabilan arah roda depan. Tipe Pegas Daun Paralel Suspensi rigid axle tipe pegas daun paralel ini banyak digunakan pada suspensi belakang kendaraan komersial. Tipe axle yang biasa menggunakan suspensi d

Penjelasan Gear Oil atau Oli Roda Gigi

Oli roda gigi adalah oli yang digunakan untuk melumasi transmisi manual, differential, dan steering gear. 1. Syarat Syarat Oli Roda Gigi Gesekan disertai tenaga interaksi phisik antara obyek, dan gesekan selalu mengakibatkan keausan. permukaan gigi adalah subyek gesekan akibat slip dan gesekan akibat putaran. Besarnya beban permukaan gigi, permukaan yang kasar, dan kecepatan meluncur menghasilkan gesekan yang besar dan bertambahnya panas yang ditimbulkan. Untuk alasan tersebut, oli roda gigi diperlukan dengan memenuhi kondisi berikut ini: Kekentalannya Sesuai Pada umumnya, oli rodda gigi yang memounyai tingkat kekentalan yang tinggi sangat efektif untuk mencegah keausan atau kerusakan pada roda gigi dan bantalan, bunyi, dan kebocoran oli. Bagaimanapun kekentalan mempunyai efek pada saat start mesin, dan feeling perpindahan tuas transmisi manual saat temperatur masih rendah. Oleh sebab itu harus digunakan oli roda gigi yang mempunyai kekentalan yang sesuai. Kekentalan oli cenderung bert