Langsung ke konten utama

18 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Bahan Alami dan Ketahui Penyebabnya

Mempunyai rambut lurus juga mempunyai keuntungan tersendiri, tidak hanya bisa sesuai dengan semuanya type bentuk wajah, rambut lurus juga gampang diatur serta bisa dibuat jadi style rambut apa saja yang anda sukai.

Tak heran pada sekarang ini sangat banyak beberapa wanita mencoba beragam langkah untuk meluruskan rambut mereka menjadi lurus seperti yang mereka kehendaki.

Sangat banyak salon kecantikan yang menawarkan layanan meluruskan rambut dengan cepat, tetapi umumnya langkah meluruskan rambut itu kerap memakai beragam alat serta beberapa bahan kimia yangg tidak jelas kandungannya.

cara meluruskan rambut keriting


Memanglah benar akhirnya bisa instan, tetapi umumnya tak permanen serta bisa kembali sirna dalam waktu yang singkat.

Diluar itu perawatan rambut yang ekstrim untuk meluruskan rambut dengan memakai alat pemanas serta bahan kimia bisa menyebabkan efek samping yang beresiko pada rambut anda, seperti rambut gampang kering, rambut rontok, rambut bercabang serta permasalahan pada rambut yang lain.

Tetapi anda tak perlu cemas karena sesungguhnya kita dapat meluruskan rambut yang ikal atau keriting jadi lurus alami tanpa ada ribet serta tanpa ada keluarkan banyak biaya yakni dengan memakai beberapa bahan tradisional alami yang bisa anda dapatkan dengan mudah di sekitar tempat tinggal anda.


Penyebab Rambut Keiting atau Bergelombang


1. Gen tricohylAayin

Gen ini adalah gen bawaan saat lahir, umumnya gen ini dikarenakan oleh ada dampak dari ke-2 orangtua. Orangtua yang mempunyai rambut ikal atau keriting jadi anak bakal mempunyai rambut demikian. Demikian sebaliknya orang yang mempunyai rambut lurus jadi anaknya akan mempunyai rambut yang lurus.

2. Kelenjar rambut oval

Kelenjar rambut yang ada di kulit kepala pada rambut mempunyai dua bentuk yakni oval dan juga bulat. Kelenjar rambut yang oval bakal membuahkan rambut yang keriting atau ikal, sedang kelenjar rambut yang bundar bakal membuahkan rambut yang lurus. Dengan begitu kelenjar rambut ini begitu memengaruhi tumbuhnya rambut dikarenakan sesungguhnya kelenjar ini lah yang nanti berperan untuk memberi info pada gen. Lalu dari gen itu bakal berikan info pada pipa rambut, bakal ditumbuhkan seperti apa rambut itu serta bagaimana rambut bakal tumbuh.

3. Konsumsi obat-obatan

Baik konsumsi obat terlalu berlebih maupun dengan dosis, obat begitu memengaruhi seluruh organ tubuh, terlebih pada rambut, obat-obatan dapat memengaruhi hormon. Keadaan rambut ini membuat rambut yang beragam jenis, hal semacam ini memanglah bukan disebabkan aspek genetika, tetapi lanraran aspek dari luar.

4. Rambut kusut

Rambut yang kusut begitu memengaruhi sekali dengan keritingnya rambut. Rambut yang kusut cenderung kekurangan nutrisi dari kulit kepala sampai rambut jadi tampak kusut. Dengan hal ini rambut bakal tampak keriting lantaran rambut tak tertangani serta tak terawat. Kusutnya rambut akan membuat rambut terlihattidak rapi serta rambut bakal tampak lebih keriting, itu penyebabnya rambut kusut begitu memengaruhi lurus atau keritingnya rambut.

5. Rambut sangat panjang

Rambut sangat panjang memanglah cenderung bakal keriting, ini dikarenakan karena makin panjang rambut, jadi nutrisi yang ada dikulit kepala mesti makin panjang juga menyampaikannya untuk ujung rambut. Dengan hal tersebut bila nutrisi pada kulit kepala tidak bisa penuhi sesuai sama keperluan rambut yang panjang rambut bakal jadi keriting atau kusut.

6. Kerap Melakukan Perubahan Gaya Rambut

Perubahan yang disebut yaitu bikin rambut jadi aneh-aneh, seperti rambut di buat jadi kribo, rambut di buat jadi lurus, serta rambut di buat jadi ikal, gelombang serta semacamnya.

Umpamanya saat rambut yang lurus serta di rebonding hingga membuat rambut benar benar tampak lebih lurus serta indah. Namun sebenarnya di rebonding tidaklah bertahan lama, paling-paling setahun bakal kembali seperti awal mulanya rambut itu. Kemudian rambut akan di rebonding lagi dan seterusnya. Sesungguhnya perihal ini pula yang bisa mengakibatkan kerusakan rambut, rambut memanglah tampak indah namun itu hanya sesaat.

Kemudian rambut bakal jadi rusak serta bakal tampak tak sehat, rambut yg tidak sehat umumnya bakal cenderung tampak kriting, kusam, serta tak rapi. Jadi lebih baik disaat memang kerap mengonta ganti gaya rambut sesuai sama fashionable jaman, lebih baik juga memberi nutrisi rambut yang mencukupiuntuk kesehatan rambut anda.

7. Folikel rambut yang asimetris

Folikel rambut begitu memengaruhi bakal terwujudnya rambut, folikel yang asimetris cenderung membuat rambut yang ikal atau keriting, sedang rambut yang mempunyai folikel simetris bakal membuahkan rambut yang lurus. Folikel rambut ini dapat adalah bawaan dari lahir atau lantaran dikarenakan oleh hormon spesifik hingga bisa merubah folikel jadi simetris atau asimetris.

8. Kurangnya kebersihan rambut

Rambut yang kurang bersih memanglah mengakibatkan rambut jadi keriting, tetapi keriting di sini tidaklah keriting yang dengan cara alamiah atau keriting yang benar-benar itu tumbuhnya keriting. Tetapi keriting yang dijelaskan di sini yaitu saat rambut yang lurus lama kelamaan bakal jadi keriting. Perihal ini pula karena sebab kurang bersihnya rambut, rambut yg tidak pernah dirawat serta dijaga kebersihannya bakal membuat nutrisi yang semestinyaditerima oleh rambut kurang hingga rambut kurang terbangun dan pada akhirnya membuahkan rambut yang tampak keriting.

9. Malas nyisir

Hal yang begitu spele sekali yaitu malas nyisir, rambut yang jarang sekali disisir bakal bikin rambut jadi rusak serta gimbal, itulah sebabnya rambut bakal tampak keriting lantaran rambut jadi tak sehat, umumnya juga, rambut yg tidak pernah disisir bakal jadi sarang tumbuhnya kutu rambut. Kelenjar minyak pada rambut yg tidak disisir akan susah masuk ke semua kompenen pada rambut itu. Hingga rambut bakal terhambat nutrisinya, terutama rambut sisi bawah, rambut yang atas umumnya masihlah dapat memperoleh nutrisi yang baik.


10. Kurang mengkonsumsi air putih

Nyaris semuanya penyebabnya dari semua keluhan yaitu mengkonsumsi air putih, lantaran air putih memanglah membawa banyak manfaat untuk kesehatan, baik itu kesehatan tumbuh, kesehatan organ kewanitaan serta organ pria, serta untuk kesehatan rambut. Badan yang mempunyai kandungan air yang cukup hanya konsumsi air putih yang cukup akan menolong hormon serta kelenjar pada kulit kepala bakal gampang bekerja, hingga nutrisi pada rambut bakal tercukupi.


Bila nutrisi rambut tercukupi tidaklah ada kata kalau rambut kusut serta tak rapi, rambut bakal tampak lebih indah dengan alami. Syaratnya yaitu mengkonsumsi air putih dengan cukup sekurang-kurangnya dua liter perhari


11. Mengkonsumsi makanan yg tidak sehat

Seperti di sini yaitu beberapa makanan instan, lantaran makanan yang instan umumnya memiliki kandungan banyak bahan kimia yang beresiko, terlebih juga tak baik untuk kelanjar yang ada pada kulit kepala, hingga mempengharui tumbuhnya rambut pada kulit kepala. Bila kelenjar pada kulit kepala terganggu akibat makanan instan ini semua perkembangan rambut bakal terhalang, seperti nutrisi pada rambut, hormon atau kelenjar yang bikin rambut jadi panjang, serta lain sebagainya.


Setelah mengetahui apa saja penyebab rambut menjadi keriting atau bergelombang sekarang kita langsung menarik kesimpulan bahwa selain karena keturunan, rambut keriting juga bisa diakibatkan karena kekurangan nutrisi dan faktor dari luar.


Nah, untuk melindungi dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut ada banyak sekali bahan alami yang dapat anda gunakan. Bahan alami apa saja? Langsung saja

Cara Meluruskan Rambut keriting dan Bergelombang Menggunakan Bahan Alami


1. Santan Kelapa

Santan kelapa adalah satu diantara bahan yang diakui efisien untuk meluruskan rambut keriting serta bergelombang. Inilah langkah pemakaiannya :


Sediakan satu buah kelapa tua, parut daging kelapa yang sudah dibikin bersih. Peras parutan kelapa sampai membuahkan santan kental. Campur satu gelas santan kelapa dengan 2 sendok makan jeruk nipis, aduk sampai rata. Diamkan dalam lemari es kira kira 3 jam sampai mengental. Usapkan santan kelapa yang sudah mengental pada semua area rambut serta kulit kepala. Sisir rambut supaya santan kelapa itu rata. Bungkus rambut dengan shower cap lantas tunggulah sampai kering. Basuh dengan air bersih. Lakukan perawatan ini denganteratur satu minggu sekali


2. Susu Murni

Susu adalah minuman yang baik untuk kesehatan badan, tidak hanya bisa melindungi kesehatan badan, minuman ini juga sangat berhasiat untuk meluruskan rambut keriting serta bergelombang. Beginicara pemakaiannya :


Sediakan satu gelas susu serta 1/2 cangkir air. Campur ke-2 bahan tersebut lantas aduk sampai rata. Semprotkan di bagian semua rambut sampai kulit kepala. Diamkan kira kira 1 jam. Lalu sisir dengan memakai sisir bergigi renggang. Basuh dengan air bersih. Pakai sampo supaya lebih bersih lantas basuh dengan air hingga bersih Keringkan dengan handuk. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur satu minggu sekali.


3. Seledri

Satu diantara langkah meluruskan rambut keriting dengan cara alami tanpa melakukan rebonding yaitu dengan seledri, sayuran ini mulai sejak dahulu sudah diakui untuk merawat rambut. Berikut cara pemakaiannya :


Sediakan seledri serta air. Haluskan seledri serta air dengan memakai jus. Usapkan seledri yang sudah jadi pasta ke seluruh rambut sampai kulit kepala. Bungkus rambut dengan shower cap sepanjang malam. Pagi harinya sisir rambut memakai sisir bergigi renggang. Basuh dengan air bersih. Pakai sampo lalu basuh dengan air sampai bersih. Keringkan dengan handuk. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur satu minggu sekali.


4. Pisang

Satu diantara buah yang kaya manfaatnya yaitu pisang, nyatanya buah ini dapat berguna untuk meluruskan rambut keriting serta bergelombang.

Sediakan satu buah pisang susu keadaan benyek serta 2 sdm madu. Haluskan dengan memakai jus. Campur pisang yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm madu lantas aduk sampai rata. Berikan di bagian semua rambut sampai kulit kepala. Diamkan sepanjang 1 jam, baru basuh dengan air bersih. Pakai sampo lalu basuh dengan air sampai bersih. Keringkan dengan handuk. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur satu minggu sekali.


5. Minyak Almond

Sesudah berkeramas, tentu Anda yang mau mendapatkan rambut lurus biasanyamemakai product conditioner bermerek. Memakai conditioner biasa tidak akan memberikan hasiloptimal pada rambut, Untuk mengakaliny anda dapat memberikan tiga hingga empat tetes minyak almond pada conditioner.

Lakukan perawatan rambut ini setelah berkeramas. Penting juga untuk Anda kenali, kalau setelah keramas serta memakai conditioner, janganlah keringkan rambut dengan hair dryer. Tambah baik Anda pakai handuk memiliki bahan lembut lewat cara menepuk-nepukkan pada rambut yang masihlah basah.


6. Telur serta Susu

Bahan alami pelurus rambut ini bisa Anda pakai seminggu sekali, caranya dengan membuat masker rambut .


Sediakan satu butir telur ayam lalu ambil putih telurnya saja. Berikan dengan dua cangkir susu putih tanpa ada pemanis atau gula. Aduk keduanya secara perlahan hingga tercampur rata Lapisi tangan Anda dengan sarung tangan plastik, lalu usapkan kombinasi bahan pada setiap helai rambut Anda. Diamkan lebih kurang 30 menit, bungkus rambut dengan shower cap.


7. Minyak Zaitun

Minyak ini serbaguna, harga nya murah serta gampang sekali untuk diketemukan dalam bentuk paket botol. Bila Anda belum memilikinya, segera saja kunjungi supermarket paling dekat serta mencari olive oil dengan kwalitas paling baik.


Minyak zaitun bisa menjaga kulit serta rambut Anda. Sebenarnya pengaplikasian minyak zaitun pada rambut bukan sekedar berikan dampak rambut lurus alami, namun juga makin indah lantaran terhindar dari permasalahan dan warnanya pun akan menjadi hitam berkilau.


Siapkan 1/2 cangkir minyak zaitun, lalu panaskan selama 5 menit. Berikan 1/2 cangkir daun rosemary kering pada minyak zaitun yang telah dipanaskan, remas-remas serta biarlah dingin. Sapukan pada rambut serta kulit kepala Anda sambil dipijat lembut. Diamkan selama 1/2 jam supaya kandungan pada minyak zaitun juga rosemary diserap oleh rambut serta kulit kepala. Terakhir, bersihkan lewat cara keramas dan setelah keramas gunakan conditioner seperti biasa.


Bila Anda akan mengeringkan, tutupi rambut dengan handuk hangat serta biarlah kering dengan sendirinya. Jangan sampai anda menggosok gosok rambut anda.


8. Yoghurt serta Telur

Langkahnya cukup hanya memoleskan campuran yogurt dan telur pada rambut, berikan pijatan ringan serta bersihkan rambut memakai sampo. Perawatan ini dapat membuat rambut jadi lurus serta halus hingga gampang tergerai.


9. Pisang Pepaya dan Madu Murni

Ke-2 buah ini begitu berperan dalam meluruskan rambut, diluaran sana banyak product penghalus serta pelurus rambut dengan bahan dasar pisang serta pepaya. Bila Anda tidak mau keluarkan duit, lebih baik membuatnya sendiri dirumah.

Cara bikin masker rambut dari pisang serta pepaya :
Siapkan mangkuk memiliki ukuran sedang yang telah dicuci bersih. Ambillah daging pepaya serta pisang, keduanya digabungkan kedalam mangkuk. Tumbuk keduanya, lalu remas-remas sampai menyatu. bisa juga anda menggunakan blender agar lebih halus. Tuang satu sendok makan madu murni, remas-remas lagi dengan tangan yang dilapis plastik steril. Usapkan pasta tersebut pada rambut serta kulit kepala, diamkan hingga betul-betul kering. Terakhir, bersihkan rambut Anda dengan sampo. Setelah melakukan perawatan ini saya jamin rambut anda akan lebih halus dan lembut.


10. Gel Lidah Buaya

Selain digunakan untuk membuat bahan makanan lidah buaya juga dapat atau bergelombang. Ini lantaran lidah buaya memiliki kandungan senyawa yang diperlukanuntuk kesehatan rambut. Bila Anda tertarik, cobalah ikuti langkah meluruskan rambut dengan lidah buaya tersebut.


Patahkan satu batang lidah buaya, Belah lidah buaya menggunakan pisau, lalu ambillah gelnya. Terapkan sebagai conditioner setelah keramas, diamkan sepanjang 30 menit. Akhiri dengan membersihkan rambut dengan air bersih.

11. Tepung Beras serta Telur

Masker rambut dari tepung beras serta telur juga efisien untuk meluruskan rambut. Pecahkan satu butir telur, ambillah sisi putihnya saja. Campur lima sendok makan tepung beras dengan putih telur, aduk sampai berupa pasta kental. Usapkan pada rambut, lalu pakai sisir untuk meluruskan rambut dengan satu arah. Diamkan selama satu jam serta terakhir cuci menggunakan shampo. Gunakan masker rambut ini seminggu sekali.


12. Madu serta Susu

Dengan cara individu maupun berbarengan, madu serta susu bisa melakukan tindakan sebagai pelurus alami rambut.

Sediakan satu gelas susu tawar kalau bisa susu murni lalutambahkan dua sendok makan madu kedalam gelas. Aduk berkali-kali sampai rata lalu usapkan pada rambut dan kulit kepala. Berikan sedikit pijatan pada kulit kepala. Diamkan kurang lebih 2 jam. Setelah 2 jam anda bisa membersihkan masker rambut tadi dengan mencucinya menggunakan shampoo.


13. Jeruk Nipis serta Santan

Bila keduanya digabungkanterciptalah product pelurus rambut alami. Ke-2 bahan dapat digunakan sebagai kondisioner atau masker rambut yang khasiatnya tidak diragukan lagi.


Yang bisa Anda kerjakan yaitu mencampurkan keduanya, pastinya ini langkah awal. Lalu, usapkan campuran jeruk nipis serta santan kelapa pada rambut. Diamkan saja sampai kering, barulah dicuci bersih dengan sampo.

14. Minyak Kedelai

Minyak yang diklaim mempunyai faedah kesehatan yang cukup banyak ini bakal beresiko negatif khasiatnya bila dipakai untuk memasak. Oleh karenanya tak dianjurkan bila menggoreng makanan dengan minyak kedelai, lantaran tingginya kandungan lemak omega-3 yang menyebabkan peradangan didalam badan.

Pemakaian minyak kedelai dengan cara segera jauh tambah baik, misalnya untuk meluruskan rambut keriting :

Siapkan minyak kedelai serta minyak jarak. Pakai mangkuk sebagai wadah untuk mencampurkan 1 sendok makan minyak kedelai serta 2 sendok makan minyak jarak. Ke-2 type minyak yang telah tertuang Anda panasi, lalu biarlah dingin. Terapkan pada kulit kepala, akar sampai ujung rambut. Pijat atau remas kepala dengan lembut, sesudahnya diamkan 30 menit. Sistem paling akhir, basuh rambut dengan sampo yang enteng bahan kandungan.

15. Minyak Jarak

Di beberapa tempat, minyak jarak disebut juga dengan nama minyak kastor. Minyak ini berguna untuk kesehatan juga kecantikan, seperti yang akan Anda lakukan ini.

Panasi minyak jarak seperlunya. Pada saat hangat, usapkan segera pada kulit kepala secara menyeluruh, lalu pijat secara perlakan agar minyak kastor dapat meresap dan menutrisi rambut. Selain itu efek pijatan juga dapat menimbulkan efek relaksasi ke tubuh. Bungkus rambut dengan handuk hangat yang terlebih dulu telah di rendam ke air hangat. Setelah 30 menit lamanya, bersihkan rambut.

Minyak dari biji jarak dapat meluruskan rambut dengan cara alami, sangat aman lantaran senyawa yang terdapat tak berbentuk negatif.

16. Cuka Apel

Cuka Apel bakal memberikan efek rambut jadi lebih lurus, lebih baik dipakai sesudah Anda melakukan perawatan rambut lainnya ( gunakan cuka apel sebagai kondisioner rambut ).


17. Pepaya

Cara meluruskan rambut keriting dengan cara alami serta cepat selanjutnya yaitu dengan pepaya. Pepaya mempunyai kandungan mineral yang begitu efektif untuk meluruskan rambut keriting serta bergelombang.

Sediakan pepaya masak serta madu. Haluskan pepaya dengan blender atau bisa juga menggunakan sendok namun butuh tenaga. yang cukup besar. Campur sedikit madu pada pepaya yang sudah dihaluskan lantas aduk sampai rata. Usapkan pada sisi seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan sepanjang 1 jam supaya meresap. Basuh dengan air bersih. Pakai sampo lalu basuh dengan air sampai bersih. Keringkan dengan handuk. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur satu minggu sekali.

18. Minyak Zaitun serta Telur

Minyak ini bisa bikin rambut keriting atau bergelombang jadi lebih lurus. Bukan hanya lurus, rambut juga akan bertambah hitam dan sehat dengan adanya minyak zaitun.

Sediakan 2 butir telur serta 1 sdm minyak zaitun. Kocok ke-2 telur itu lalu masukkan 1 sdm minyak zaitun. Usapkan di bagian semua rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 2 jam supaya meresap dan kering. Basuh dengan air bersih, pakai sampo lalu basuh dengan air sampai bersih Keringkan dengan handuk. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur satu minggu sekali.

Meskipun langkah meluruskan rambut dengan cara alami ini membutuhkan waktu yg tidak sebentar tetapi akhirnya akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Tidak hanya bisa meluruskan rambut, memakai langkah alami diatas untuk meluruskan rambut dapat juga menolong memberi nutrisi pada rambut anda, hingga bukan hanya rambut lurus yang bakal anda peroleh tetapi kesehatan rambut anda akan makin bertambah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Zat Anti Beku untuk Radiator

Saat kendaraan dian dengan mesin mati di musim dingin dalam waktu yang lama, cairan pendingin dalam radiator dan blok mesin dapat membeku. Apabila ini terjadi, maka volume pendingin akan bertambah sekitar 9% dan radiator mungkin retak, juga kerusakan yang serius akan terjadi pada blok silinder dan kepala silinder. Umumnya zat anti beku ditambahkan pada pendingin untuk mencegah terjadinya pembekuan pada saat musim dingin. Sejumlah zat anti beku diperlukan saat temperatur rendah sekali. Sifat Utama Zat Anti Beku Zat anti beku mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: Mempunyai titik beku di bawah air pendingin. Mencegah karat pada sistem pendingin mesin. Tidak berefek pada kemampuan radiasi panas pada pendingin. Tidak merusak komponen yang terbuat dari karet. Kekentalannya tetap efektif tanpa terpengaruh pada temperatur. Reaksi kimianya stabil. Tidak mudah berbusa. Tidak mudah menguap Kandungan utama zat anti beku (antitfeeze) terdiri dari ethylene glycal. Tipe A zat anti beku mengandung 90

Sistem Suspensi Belakang Tipe Pegas Daun Paralel

Berbeda dengan Sistem Suspensi Depan , Pada umumnya suspensi belakang menerima berat yang berlebihan dari penumpang dan barang. Keadaan ini menimbulkan kesukaran dalam menentukan kekerasan pegasnya. Apabila pegas dibuat cukup keras untuk beban berat, akan menjadi terlalu keras bila kendaraan hanya dinaiki pengemudi. Sebaliknya, bila dibuat cukup lembut untuk dinaiki pengemudi, pegas menjadi terlalu lemah sewaktu mendapat beban berat, demikian pula keadaannya dengan shock absorber. Keadaan ini dapat diatasi dengan menggunakan pegas daun atau tipe pegas lain yang mempunyai konstanta yang variabel, shock absorber yang diisi gas, dan lain-lain. Suspensi belakang dirancang agar axle selalu pada posisi yang benar, dan bila melalui jalan yang tidak rata roda-roda melambung tanpa mempengaruhi kestabilan arah roda depan. Tipe Pegas Daun Paralel Suspensi rigid axle tipe pegas daun paralel ini banyak digunakan pada suspensi belakang kendaraan komersial. Tipe axle yang biasa menggunakan suspensi d

Penjelasan Gear Oil atau Oli Roda Gigi

Oli roda gigi adalah oli yang digunakan untuk melumasi transmisi manual, differential, dan steering gear. 1. Syarat Syarat Oli Roda Gigi Gesekan disertai tenaga interaksi phisik antara obyek, dan gesekan selalu mengakibatkan keausan. permukaan gigi adalah subyek gesekan akibat slip dan gesekan akibat putaran. Besarnya beban permukaan gigi, permukaan yang kasar, dan kecepatan meluncur menghasilkan gesekan yang besar dan bertambahnya panas yang ditimbulkan. Untuk alasan tersebut, oli roda gigi diperlukan dengan memenuhi kondisi berikut ini: Kekentalannya Sesuai Pada umumnya, oli rodda gigi yang memounyai tingkat kekentalan yang tinggi sangat efektif untuk mencegah keausan atau kerusakan pada roda gigi dan bantalan, bunyi, dan kebocoran oli. Bagaimanapun kekentalan mempunyai efek pada saat start mesin, dan feeling perpindahan tuas transmisi manual saat temperatur masih rendah. Oleh sebab itu harus digunakan oli roda gigi yang mempunyai kekentalan yang sesuai. Kekentalan oli cenderung bert