Saat kendaraan dian dengan mesin mati di musim dingin dalam waktu yang lama, cairan pendingin dalam radiator dan blok mesin dapat membeku. Apabila ini terjadi, maka volume pendingin akan bertambah sekitar 9% dan radiator mungkin retak, juga kerusakan yang serius akan terjadi pada blok silinder dan kepala silinder. Umumnya zat anti beku ditambahkan pada pendingin untuk mencegah terjadinya pembekuan pada saat musim dingin. Sejumlah zat anti beku diperlukan saat temperatur rendah sekali.
Kandungan utama zat anti beku (antitfeeze) terdiri dari ethylene glycal. Tipe A zat anti beku mengandung 90-95% ethylene glycol, 340% zat tahan terhadap karat, 0-5% air clan sebagian kecil zat pewarna.
Radiator mobil umumnya dibuat dari paduan tembaga (copper alloy).Tetapi ada beberapa radiator yang dibuat dari paduan alumunium, bahannya lebih ringan, sehingga berat kendaraan dapat berkurang dan tidak mengurangi efesiensi pendingin pada radiator. Catatan, akan tetapi alumunium dipengaruhi (rusak) oleh adanya acidic dan alkaline solution termasuk zat anti beku itu sendiri. Untuk mengatasi hal ini, kendaraan yang menggunakan radiator alumunium diperlukan semacam zat anti beku spesial yang mengandung bahan tambah spesial yang akan mencegah karat pada alumunium. Hal ini sangat penting untuk lebih berhati-hati memilih zat anti beku.
Sebelum memasukan zat anti beku ke dalam pendingin, anda harus memastikan konsentrasi (%) yang diperlukan dari zat anti beku dan jumlah yang tepat untuk penggunaan.
Contoh : Apabiia zat anti beku melewati temperatur dari pendingin -20�C, jumlah zat anti bekunya harus besar yang mencapai 35% dari total jumlah cairan pendingin setetah ditambahkan.
Pembekuan yang melampaui temperatur dapat dihitung dengan mengukur berat jenis dan temperatur cairan pendingin.
Contoh : Apabila temperatur pendingin yang mengandung zat anti beku 20�C dan berat jenisnya 1.060 maka pembekuan akan melampaui temperatur -23�C.
Temperatur dan berat jenis dari cairan pendingin dapat diukur dengan menggunakan kombinasi water thermometer dan meter berat jenis.
Sebelum menambah zat anti beku (antifreeze), periksa sistem pendinginan dan perbaiki bila terdapat kebocoran. Apabila sistem pendingin ini kotor. maka harus dibersihkan.
Sifat Utama Zat Anti Beku
Zat anti beku mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:- Mempunyai titik beku di bawah air pendingin.
- Mencegah karat pada sistem pendingin mesin.
- Tidak berefek pada kemampuan radiasi panas pada pendingin.
- Tidak merusak komponen yang terbuat dari karet.
- Kekentalannya tetap efektif tanpa terpengaruh pada temperatur.
- Reaksi kimianya stabil.
- Tidak mudah berbusa.
- Tidak mudah menguap
Kandungan utama zat anti beku (antitfeeze) terdiri dari ethylene glycal. Tipe A zat anti beku mengandung 90-95% ethylene glycol, 340% zat tahan terhadap karat, 0-5% air clan sebagian kecil zat pewarna.
Penggunaan Zat Anti Beku
Radiator mobil umumnya dibuat dari paduan tembaga (copper alloy).Tetapi ada beberapa radiator yang dibuat dari paduan alumunium, bahannya lebih ringan, sehingga berat kendaraan dapat berkurang dan tidak mengurangi efesiensi pendingin pada radiator. Catatan, akan tetapi alumunium dipengaruhi (rusak) oleh adanya acidic dan alkaline solution termasuk zat anti beku itu sendiri. Untuk mengatasi hal ini, kendaraan yang menggunakan radiator alumunium diperlukan semacam zat anti beku spesial yang mengandung bahan tambah spesial yang akan mencegah karat pada alumunium. Hal ini sangat penting untuk lebih berhati-hati memilih zat anti beku.
Sebelum memasukan zat anti beku ke dalam pendingin, anda harus memastikan konsentrasi (%) yang diperlukan dari zat anti beku dan jumlah yang tepat untuk penggunaan.
Contoh : Apabiia zat anti beku melewati temperatur dari pendingin -20�C, jumlah zat anti bekunya harus besar yang mencapai 35% dari total jumlah cairan pendingin setetah ditambahkan.
Pembekuan yang melampaui temperatur dapat dihitung dengan mengukur berat jenis dan temperatur cairan pendingin.
Contoh : Apabila temperatur pendingin yang mengandung zat anti beku 20�C dan berat jenisnya 1.060 maka pembekuan akan melampaui temperatur -23�C.
Temperatur dan berat jenis dari cairan pendingin dapat diukur dengan menggunakan kombinasi water thermometer dan meter berat jenis.
Sebelum menambah zat anti beku (antifreeze), periksa sistem pendinginan dan perbaiki bila terdapat kebocoran. Apabila sistem pendingin ini kotor. maka harus dibersihkan.
BalasHapusIjin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk
Semua Member BARU SETIAP HARINYA. MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000
-Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
-Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
-Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 100JT
-Bonus Rollingan 0,3
-Bonus New Member 10%
Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA
BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA : KLIK DISINI
DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
HubungiKontak Kami :
Line : ituDewa
WhatsApp : +85561809401
WeChat : OfficialituDewa