Ruang bakar mesin diesel adalah merupakan bagian yang terpenting untuk menentukan kemampuan mesin diesel. Telah dikembangkan berbagai macam konfigurasi ruang bakar mesin diesel untuk menjamin bahan bakar yang disemprotkan ke dalamnya dapat mengurai, mengabut, dan bercampur rata dengan udara. Cara yang digunakan disini meliputi pembentukan saluran masuk pada kepala silinder sedemikian rupa sehingga udara berputar di dalam silinder, atau dengan jalan menambahkan ruang bakar bantu yang dapat mempercepat ekspansi gas pada tahap pembakaran awal untuk meningkatkan efisiensi pembakaran Ruang bakar yang digunakan pada kendaraan kendaraan.
Berikut adalah macam macam ruang bakar yang sering digunakan pada mesin diesel:
Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat diantara cylinder head dan piston. Ruang yang ada pada bagian atas piston merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
Pada tipe ini bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion-chamber). Sebagian akan terbakar ditempat, dan sisa bahan bakar yang tidak terbakar ditekan melalui saluran kecil antara ruang bakar kamar depan dan ruang bakar utama dan selanjutnya terurai menjadi partikel yang halus dan terbakar habis di ruang bakar utama (main chamber).
Pada tipe ini kamar pusar (swirl chamber) mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang di injeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir kemang bakar utama (main combustion chamber) melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Itulah jenis jenis ruang bakar yang digunakan dalam mesin diesel. Semoga dapat dipahami dengan mudah.
Berikut adalah macam macam ruang bakar yang sering digunakan pada mesin diesel:
Jenis Tipe Injeksi Langsung (Direct Injection)
Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat diantara cylinder head dan piston. Ruang yang ada pada bagian atas piston merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
Keuntungan
- Penampang permukaan ruang injeksi langsung yang kecil dapat mengurangi kerugian panas, sehingga menaikan temperatur udara yang dikompresikan dan menyempurnakan pembakaran. Pada tipe ini pemanasan awal tidak diperlukan untuk start dengan suhu udara sekitarnya normal. Efisiensi panas yang tinggi disini juga dapat meningkatkan output dan menghemat penggunaan bahan bakar.
- Struktur cylinder head lebih sederhana, jadi kemungkinan deformasi karena panas akan lebih kecil.
- Karena kerugian panasnya kecil, maka Perbandingan kompresinya dapat diturunkan.
Kerugian
- Pompa injeksi harus mampu menghasilkan tekanan tinggi yang diperlukan untuk mengatomisasikan bahan bakar dengan memaksanya keluar melalui nozzle tipe berlubang banyak.
- Kecepatan maksimumnya lebih rendah karena pusaran campuran bahan bakar lebih kecil dari pada tipe ruang bakar kamar depan (auxiliary combustion chamber).
- Tekanan pembakaran yang tinggi menimbulkan suara yang lebih keras dan resiko diesel knocking lebih besar.
- Mesin sangat peka terhadap kualitas bahan bakar, biasanya diperlukan bahan bakar yang bermutu tinggi.
Jenis Tipe Ruang Bakar Depan (Precombustion-Chamber)
Pada tipe ini bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion-chamber). Sebagian akan terbakar ditempat, dan sisa bahan bakar yang tidak terbakar ditekan melalui saluran kecil antara ruang bakar kamar depan dan ruang bakar utama dan selanjutnya terurai menjadi partikel yang halus dan terbakar habis di ruang bakar utama (main chamber).
Keuntungan
- Pemakaian jenis bahan bakar lebih luas, Bahan bakar yang relatif kurang baik dapat digunakan dengan asap pembakaran yang tidak pekat.
- Mudah pemeliharaannya karena tekanan injeksi bahan bakar relatif rendah dan mesin tidak begitu peka terhadap perubahan timing injeksi.
- Karena disini digunakan throttle type nozzle, maka diesel knock dapat dikurangi dan kerja mesin lebih tenang.
Kerugian
- Biaya pembuatan lebih tinggi karena bentuk silinder lebih rumit.
- Diperlukan starter yang lebih besar. Starter mesin sulit, oleh karena itu diperlukan glow plug.
- Pemakaian bahan bakar relatif lebih boros.
Jenis Tipe Kamar Pusar (Swirl Chamber Type)
Pada tipe ini kamar pusar (swirl chamber) mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang di injeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir kemang bakar utama (main combustion chamber) melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Keuntungan
- Dapat dicapai kecepatan mesin yang tinggi karena turbulensi kompresinya tinggi.
- Gangguan pada nozzle lebih kecil karena menggunakan pin type nozzles.
- Tingkat kecepatan mesin lebih luas dan operasinya yang halus membuatnya banyak digunakan untuk mobil penumpang.
Kerugian
- Konstruksi cylinder head dan cylinder block rumit. Efesiensi panas dan konsumsi bahan bakarnya lebih buruk dari pada sistem injeksi langsung.
- Menggunakan busi pijar, tetapi ini kurang efektif untuk kamar pusar yang besar, karena mesin tidak mudah start.
- Diesel knock akan lebih besar pada kecepatan rendah.
Itulah jenis jenis ruang bakar yang digunakan dalam mesin diesel. Semoga dapat dipahami dengan mudah.
BalasHapusIjin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk
Semua Member BARU SETIAP HARINYA. MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000
-Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
-Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
-Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 100JT
-Bonus Rollingan 0,3
-Bonus New Member 10%
Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA
BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA : KLIK DISINI
DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
HubungiKontak Kami :
Line : ituDewa
WhatsApp : +85561809401
WeChat : OfficialituDewa