Langsung ke konten utama

Tahun 50an Aksara Arab Menghiasi Uang Koin Indonesia

ItsIlmu - Tahun 50an Aksara Arab Menghiasi Uang Koin Indonesia. Untuk masyarakat Indonesia yang hidup dizaman sekarang mungkin tidak pernah mengetahui bahwa zaman dulu Bank Indonesia pernah menggunakan bahasa arab untuk menulis kata "Indonesia" pada uang logam.

Pada tahun 50-an tepatnya tahun 1951-1954 Bank Indonesia mengeluarkan uang logam bernilai 1 sen,5 sen,10 sen,dan 25 sen.Semua itu bertuliskan tulisan arab.Namun setelah masa itu uang logam yang diproduksi Bank Indonesia semuanya memakai huruf latin.

aksara-arab-menghiasi-uang-koin-indonesia

Aksara arab ini bukanlah aksara arab asli melainkan aksara arab melayu atau sering juga disebut jawi atau pegon.Aksara ini merupakan aksara resmi dari seluruh kerajaan yang ada di nusantara jadi tidak heran kalau indonesia pada zaman dulu masih menggunakan aksara arab melayu sebagai aksara resminya.

Aksara ini sering digunakan dalam penulisan sastra,bahasa pendidikan,surat resmi kerajaan,bahkan sampai perjanjian diplomatik pun menggunakan aksara ini.Perjanjian resmi dengan bangsa asing seperti Inggris,Belanda,Portugis menggunakan aksara ini.Konon deklarasi kemerdekaan Malaysia juga ditulis menggunakan bahasa arab melayu.

Beberapa karya sastra yang ditulis menggunakan aksara arab melayu diantaranya Hikayat Raja Pasai,Hikayat Kang Tuah,Hikayat Amir Hamzah,syair "Singapura Tebakar" yang ditulis Abdul Kudir Munsyi,tafsir Al Qur'an yang ditulis Kyai Saleh Darat,dan masih banyak lagi.

Tapi seiring mendominasinya bangsa belanda di Indonesia,tulisan latin lambat laun menggantikan tulisan arab melayu ini,terlebih pada awal abad ke 19 banyak media masa menggunakan bahasa latin.

Setelah Indonesia merdeka pemerintah sedikit demi sedikit lebih memilih menggunakan aksara latin karena pada saat itu sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan bahasa arab melayu dan ini perlu dirubah.

Komentar

  1. Pakai Pulsa Tanpa Potongan
    Juga Pakai(OVO, Dana, LinkAja, GoPay)
    Support Semua Bank Lokal & Daerah Indonesia
    Game Populer:
    =>>Sabung Ayam S1288, SV388
    =>>Sportsbook,
    =>>Casino Online,
    =>>Togel Online,
    =>>Bola Tangkas
    =>>Slots Games, Tembak Ikan, Casino
    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
    || Online Membantu 24 Jam
    || 100% Bebas dari BOT
    || Kemudahan Melakukan Transaksi di Bank Besar Suluruh INDONESIA

    WhastApp : 0852-2255-5128
    Agens128 Agens128

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Suspensi Belakang Tipe Pegas Daun Paralel

Berbeda dengan Sistem Suspensi Depan , Pada umumnya suspensi belakang menerima berat yang berlebihan dari penumpang dan barang. Keadaan ini menimbulkan kesukaran dalam menentukan kekerasan pegasnya. Apabila pegas dibuat cukup keras untuk beban berat, akan menjadi terlalu keras bila kendaraan hanya dinaiki pengemudi. Sebaliknya, bila dibuat cukup lembut untuk dinaiki pengemudi, pegas menjadi terlalu lemah sewaktu mendapat beban berat, demikian pula keadaannya dengan shock absorber. Keadaan ini dapat diatasi dengan menggunakan pegas daun atau tipe pegas lain yang mempunyai konstanta yang variabel, shock absorber yang diisi gas, dan lain-lain. Suspensi belakang dirancang agar axle selalu pada posisi yang benar, dan bila melalui jalan yang tidak rata roda-roda melambung tanpa mempengaruhi kestabilan arah roda depan. Tipe Pegas Daun Paralel Suspensi rigid axle tipe pegas daun paralel ini banyak digunakan pada suspensi belakang kendaraan komersial. Tipe axle yang biasa menggunakan suspensi d

Sistem Suspensi Belakang tipe 4-Link

Diantara suspensi rigid seperti suspensi belakang tipe pegas daun Paralel , tipe 4-link inilah yang menghasilkan kenikmatan berkendaraan yang lebih baik. Karena penanganan posisi axle dan beban suspensi dilakukan secara terpisah. Biasanya suspensi 4-link ini menggunakan pegas koil. Konstruksi Suspensi Belakang Tipe 4-Link Posisi axle berada pada posisi yang tepat yaitu memikul dua lower control arm, dua upper control arm serta satu lateral control rod. Sedangkan untuk menopang beban dan menyerap kejutan hanya digunakan pegas. Gaya dari arah depan belakang yang ditimbulkan oleh sistem rem dan sistem penggerak ditahan oleh lower dan upper control arm. Sedangkan gaya dari samping ditahan oleh lateral control rod. Salah satu ujung dari setiap control arm atau lateral rod diikat pada body atau frame, dan ujung lainnya pada rear axle housing melalui bushing karet. Pegas daun dipasang diantara lower control arm atau real axle housing dan body.

Penjelasan Gear Oil atau Oli Roda Gigi

Oli roda gigi adalah oli yang digunakan untuk melumasi transmisi manual, differential, dan steering gear. 1. Syarat Syarat Oli Roda Gigi Gesekan disertai tenaga interaksi phisik antara obyek, dan gesekan selalu mengakibatkan keausan. permukaan gigi adalah subyek gesekan akibat slip dan gesekan akibat putaran. Besarnya beban permukaan gigi, permukaan yang kasar, dan kecepatan meluncur menghasilkan gesekan yang besar dan bertambahnya panas yang ditimbulkan. Untuk alasan tersebut, oli roda gigi diperlukan dengan memenuhi kondisi berikut ini: Kekentalannya Sesuai Pada umumnya, oli rodda gigi yang memounyai tingkat kekentalan yang tinggi sangat efektif untuk mencegah keausan atau kerusakan pada roda gigi dan bantalan, bunyi, dan kebocoran oli. Bagaimanapun kekentalan mempunyai efek pada saat start mesin, dan feeling perpindahan tuas transmisi manual saat temperatur masih rendah. Oleh sebab itu harus digunakan oli roda gigi yang mempunyai kekentalan yang sesuai. Kekentalan oli cenderung bert